Tugas Pokok dan Fungsi

Dinas Pemadam Kebakaran mempunyai tugas sebagai berikut :

  1. Menetapkan pedoman dan pengarah terhadap usaha pemadaman kebakaran yang mencakup pencegahan bencana, penanganan darurat
  2. Menetapkan standarisasi serta kebutuhan penyelenggaraan pemadaman kebakaran berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  3. Melaporkan penyelenggaraan pemadaman kebakaran kepada kepala daerah setiap sebulan sekali dalam kondisi normal dan setiap saat dalam kondisi darurat bencana;
  4. Mengendalikan pengumpulan dan penyaluran uang dan barang;
  5. Menyusun dan menetapkan Prosedur Tetap pemadaman kebakaran
  6. Mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran yang diterima dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah;
  7. Melaksanakan kewajiban lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dalam melaksanakan tugas-tugas  Dinas Pemadam Kebakaran   pemangku jabatan mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut yaitu :

DINAS

TUGAS POKOK:

Membantu Bupati dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan umum di penanggulangan kebakaran meliputi pencegahan, pemadaman dan penanganan pasca kebakaran

FUNGSI:

  1. Menyiapkan perumusan kebijakan urusan pencegahan, pemadaman dan penanganan pasca kebakaran;
  2. Menyiapkan pelaksanaan kebijakan teknis dalam urusan pencegahan, pemadaman dan penanganan pasca kebakaran;
  3. Menyiapkan pelayanan penunjang penyelenggaraan pemerintahan kabupaten dalam urusan pencegahan, pemadaman dan penanganan pasca kebakaran;
  4. Memimpin dan mengkoordinasikan kegiatan dinas pemadam kebakaran;
  5. Melaksanakan kerjasama dalam urusan pencegahan, pemadaman dan penanganan pasca kebakaran;
  6. Pembinaan staf di lingkungan dinas pemadam kebakaran;
  7. Menyiapkan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan urusan pencegahan, pemadaman dan penanganan pasca kebakaran;
  8. Menyiapkan pelaksanaan urusan tata usaha, keuangan, dan kepegawaian dinas;
  9. Melaksanakan fungsi lain yang diperintahkan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.